Soal UTS Ganjil 2024

 
  • Waktu Pengerjaan: 08.00 - 9.40 (100 menit)
  • Jawaban ditulis di kertas folio, dipindai (scan), dan dikumpulkan melalui LMS
  • Nama file: (nama lengkap)_(prodi), contoh: mursyod bustami_teknik industri
  • Tulis nama lengkap, NPM, dan program studi di lembar jawaban

Ketentuan:

  1. Lembar soal terdiri dari 1 (satu) halaman yang memuat 1 (satu) soal wajib dan 3 (tiga) soal pilihan.
  2. Nomor 4 adalah soal wajib, sedangkan soal nomor 1, 2, dan 3 merupakan soal pilihan
  3. Soal wajib harus dikerjakan sedangkan soal pilihan hanya dikerjakan 1 (satu) soal sehingga total yang dikerjakan adalah 2 (dua) soal.
  4. Peserta ujian tidak boleh membuka media apapun kecuali cheat sheet.
  5. Jawaban untuk satu soal ditulis dalam satu halaman penuh, tidak kurang dan tidak lebih
  6. Jawaban ditulis dalam bentuk uraian berupa paragraf yang runtut (bukan poin-poin atau skema).
  7. Poin-poin yang tercantum dalam setiap soal hanya berfungsi sebagai petunjuk mengenai hal apa saja yang perlu ditulis dalam jawaban. Poin-poin tersebut juga menjadi kriteria penilaian.
  8. Soal boleh dijawab secara tidak berurutan dengan tidak mengubah nomor soal.
  9. Cheat sheet dikumpulkan setelah ujian.




1. Jelaskan tentang pengalaman iman!
  • Pengertian dasar
  • Numinous 
  • Mysterium tremendum et fascinosum 
  • Hierofani
  • Ciri-ciri, perwujudan, dan cakupan pengalaman iman 


2. Jelaskan tentang bagaimana manusia memaknai keberadaan dan hidupnya!
  • Perjumpaan antara Yang Ilahi dengan manusia
  • Beragama sebagai keputusan pribadi (Kierkegaard – Hegel)
  • Pencarian makna hidup manusia
  • Pandangan manusia terhadap dunia
  • Dasein: keterlemparan manusia di dunia 


3. Jelaskan dimensi-dimensi agama menurut van der Leeuw, Swidler, dan Ninian Smart!
  • Keyakinan dan pengetahuan
  • Peraturan dan etika
  • Ibadah dan ritual
  • Sosial dan lembaga
  • dll.


4. Studi Kasus Moral 

Dalam sebuah ujian akhir semester, seorang siswa mengetahui bahwa temannya menyontek. Siswa tersebut menghadapi pilihan yang sulit: 
  • Melaporkan: Tindakan ini dapat menegakkan kebijakan integritas akademis sekolah, tetapi juga akan mengkhianati kepercayaan teman mereka dan berpotensi merusak masa depan akademis mereka.
  • Mengabaikan: Tindakan ini akan melindungi teman dan menjaga hubungan mereka, tetapi hal itu mengorbankan nilai-nilai kejujuran dan keadilan, dan dapat memungkinkan teman tersebut mendapatkan keuntungan dari perilaku tidak jujur. 
Berilah analisis moral tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh siswa yang mengalami situasi di atas! 

Hal yang perlu diperhatikan: 
  • Actus hominis – actus humanus 
  • Tindakan baik menurut Aquinas dan Kant 
  • Fontes moralitatis 
  • Teori moral: teleologi dan deontologi 
  • Penilaian-penilaian moral (eudaimonisme, utilitarianisme, hedonisme, dan lain-lain)